jenis laporan keuangan

Laporan keuangan memiliki peran yang penting dalam suatu usaha atau bisnis. Data keuangan yang tercantum didalamnya memungkinkan anda untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis anda secara menyeluruh.

Jenis Laporan Keuangan

jenis laporan keuangan

Dari Informasi inilah, anda bisa menyusun suatu strategi bisnis atau bisa mengambil keputusan yang sangat penting. Setidaknya ada 4 jenis laporan keuangan yang harus diketahui pelaku bisnis. Untuk itu simak sebagai berikut.

Laporan Laba dan Rugi

Laporan laba dan rugi ini biasa disebut dengan income statement atau profit and lost statement. Laporan ini menjabarkan mengenai unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan untuk mengetahui laba dan rugi bersih yang dihasilkan perusahaan.

Fungsi utama dari laporan ini adalah menyajikan informasi mengenai performa bisnis yang diperlukan untuk mempredeksi kondisi ekonomi perusahaan diwaktu yang akan datang. Selain itu, informasi ini juga bisa digunakan untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan arus kas dari sumber daya yang dimiliki.

Laporan Perubahan Modal

Sesuai dengan namanya, jenis laporan keuangan ini menggambarkan informasi jumlah modal yang dimiliki bisnis selama beberapa tahun kedepan. Laporan ini menunjukan besarnya perubahan modal yang sudah terjadi, lengkap dengan penyebab peruabahannya.

Untuk membuat laporan ini, anda perlu data mengenai jumlah modal pada awal tahun, jumlah rugi ataupun keuntungan bersih selama tahun tersebut dan pengambilan dana pribadi oleh pemilik untuk tahun tersebut. Untuk itulah, kenapa anda harus menyusun laporan laba rugi terlebih dahulu sebelum membuat laporan perubahan modal.

Laporan Neraca

Jika anda belum pernah mendengar mengenai laporan neraca, mungkin anda menyebutnya dengan balance sheet. Kedua ini sama saja, yaitu laporan yang menunjukan kondisi, informasi, atau posisi keuangan bisnis pada tanggal tertentu. Melalui laporan neraca ini, anda bisa melihat jumlah aktivitas berupa aset, harta, kewajiban berupa utangm ekuitas yang merupakan modal perusahaan.

Secara umum, neraca terdiri dari 3 unsur, yaitu liabilitas, ekuitas, aset. Jika ketiga ini digabungkan dengan persamaan akuntansi, maka ini terbentuk seperti liabilitas + ekuitas = aset.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau yang dikenal dengan cash flow merupakan laporan keuangan perusahaan yang digunakan untuk menunjukkan aliran kas masuk mauapun keluar pada perioden akuntansi. Informasi yang didapat dari laporan keuangan ini, bisa anda gunakan sebagai indikator jumlah arus kas dimasa yang akan datang.

Selain itu, jenis laporan keuangan ini berguna untuk menilai ketepatan perkiraan arus kas yang sudah dibuat sebelumnya. Laporan cash flow ini juga bisa menjadi alat pertanggung jawaban arus kasi masuk dan keluar selama periode pelaporan.

Itulah jenis laporan keuangan yang bisa saya sampaikan, semoga apa yang bisa saya berikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Bagi anda yang ingin memperdalam laporan keuangan dan mendapatkan sertifikan, anda bisa mengikuti training akuntansi keuangan yang biasa kami adakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *