Saat ini, promosi produk toko online melalui sosial media saja tidak cukup. Sebaiknya memanfaatkan website toko online dengan isi konten yang kreatif untuk menarik perhatian pembeli. Untuk toko online yang akan menambahkan konten, ada beberapa ide konten kreatif yang bisa dijalankan.

1. Konten Berbagi Cerita

Cerita inspiratif, pengetahuan, dan hal lain yang menjawab keingintahuan calon pembeli akan menarik perhatian. Pastinya isi cerita mendukung produk yang ditawarkan. Gunakan kreatifitas dalam mengemas cerita dengan menyentuh sisi psikologis pembaca, sehingga membuat pembaca mengambil tindakan untuk membeli produk.

2. Video Produk

Banyak pembeli yang tidak membaca deskripsi dan rincian produk pada toko online. Mereka melompat ke video untuk melihat rancangan, ukuran, cara penggunaan, dan pembuatan produk tersebut. Buat video produk secara singkat yang menampilkan faktor-faktor penting seperti ukuran, warna, bentuk, dan desain produk. Strategi ini juga membantu pembeli menghemat waktu.

3. Konten Tutorial

Menambahkan konten tutorial ke situs website akan mendorong pembeli lebih terlibat dalam bisnis. Contohnya jika toko online menjual bahan makanan, maka membuat konten resep adalah cara yang tepat untuk mengikat pelanggan. Konten tutorial menggunakan material yang semua tersedia di toko online dan mudah dipraktekkan oleh pembeli.

4. Konten Visual

Orang cenderung bosan melihat banyaknya tulisan di toko online. Agar tidak membosankan, selingi dengan konten visual berupa infografik dan koleksi foto. Infograsfik bisa berupa data, fakta, dan berbagai informasi yang dibutuhkan pembeli melalui tabel, grafik, dan gambar yang menarik. Tampilkan koleksi foto selain foto produk dalam bentuk album dan animasi gift seperti kegiatan produksi, foto saat digunakan secara nyata, kegiatan kerjasama, dan pengambilan foto produk.

5. Panduan Membeli Produk

Mengingat banyaknya jenis produk yang tersedia, pembeli kewalahan untuk memilih produk yang tepat. Konten panduan pembelian produk membantu calon pembeli untuk membuat pilihan produk yang terinformasi. Banyak produk yang sudah menerapkan konten ini seperti produk peralatan rumah tangga dan elektronik.

6. Konten Tips

Tips yang berhubungan dengan produk akan memberikan solusi permasalahan yang dialami oleh pembeli. Contohnya apabila bisnis sepatu, maka bisa membuat artikel yang berisi tips perawatan dan cara membersihkan sepatu.

Nah, itu beberapa ide konten kreatif untuk website toko online yang dapat menarik perhatian pembeli. Pilihlah berdasarkan kebutuhan dan budget pemasaran bisnis masing-masing. Untuk konten berupa tulisan, toko online bisa membuat sendiri atau menggunakan jasa penulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *