Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam bahasa Jepang, kita harus mempelajari 3 jenis tulisan berbeda, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Ketiga huruf tersebut memang harus dihafalkan dan dipelajari secara terus menerus karena selalu digunakan dalam tulisan dan kehidupan sehari-hari.

Tetapi terdapat sebuah fenomena dimana seseorang tidak mampu menulis kanji dengan benar, dan hal itu sangatlah wajar. Tetapi jika anda tidak mampu menulis hiragana dan katakana dalam kurun waktu 3 bulan pembelajaran anda, maka itu sudah tidak bisa disebutkan lagi secara normal.

Hal ini karena hiragana dan katakana hanya memiliki masing-masing 46 buah huruf standar, dimana pastinya anda akan selalu menemui tulisan-tulisan tersebut setiap anda belajar bahasa Jepang. Untuk bisa melihat daftar huruf kana Jepang, silahkan anda kunjungi website Weihome Gakuen dan pelajari di sana.

Berbeda dengan huruf kanji yang memiliki lebih dari 2000 huruf, yang diman satu hurufnya memiliki lebih dari 1 cara baca. Alhasil, selain orang asing yang mempelajari bahasa Jepang, orang Jepang sendiri pun tidak semua mampu menulis kanji.

Fenomena ini semakin diperparah dengan munculnya smartphone. Jika zaman dahulu masih menggunakan surat dan tulis menulis, sekarang sudah tidak dilakukan lagi. Orang hanya perlu mengetik sebuah kata dan muncullah kanji tersebut. Menariknya, orang yang bisa membaca kanji belum tentu mampu menulis kanji.

Seorang wanita karir berusia 25 tahun bernama Hanako Yuu juga mengaku bahwa dirinya tidak mampu lagi mengingat coretan atau menulis huruf kanji lebih dari 1000. Dia hanya mampu menulis kanji yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari saja.

Rata-rata orang Jepang memang hanya bisa menulis huruf kanji dalam kisaran jumlah seperti Hanako Yuu katakan. Level tersebut jika dalam tes kemampuan bahasa Jepang, maka hanya mencapai N3 saja, yaitu level yang orang-orang Jepang standar miliki.

Faktanya, tidak semua orang Jepang mampu lulus tes ujian bahasa Jepang di atas level itu, karena sudah memasuki bahasa sastra yang tatanan kata dan kalimatnya lebih kompleks.

Jadi, bagi anda yang tengah belajar bahasa Jepang saat ini tetaplah fokus dalam belajar sekaligus sering-seringlah menulis setiap harinya huruf kana dan kanji yang telah anda pelajari akan terus menempel di kepala anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *