Cara Memasang Genteng Aspal Bandung Pada Konstruksi Rumah

Genteng aspal Bandung dipilih bukan tanpa sebab. Keberadaannya akan membantu dalam mencegah permasalahan yang banyak dialami oleh pemilik rumah. Lalu, apa saja kelebihannya dan bagaimana cara memasangnya?

Salah satu bagian terpenting dalam konstruksi rumah adalah atap. Atap harus mampu melindungi pemilik rumahnya dari panasnya terik matahari. Begitu pula mampu melindungi dari tetesan air hujan di musim penghujan.

Permasalahan yang biasa dikeluhkan pemilik rumah biasanya berkaitan dengan atap. Normalnya, atapnya mengalami kebocoran. Ketika musim hujan tiba, ruangan di dalam rumah akan basah dan parahnya menggenang.

Peristiwa ini banyak dialami pemilik rumah dan membuat rumah serasa tidak nyaman untuk ditinggali. Tapi harus disadari jika ketidaknyamanan ini berangkat dari kurang tepatnya saat merumuskan tentang pemilihan atapnya.

Tidak mau salah mengambil langkah, kami sarankan untuk memilih genteng bitumen Bandung. Itu merupakan istilah lain dari genteng aspal.

baca juga artikel tentang upvc bandung

Apa Sih Kelebihan Dari Genteng Aspal Tersebut?

Genteng aspal bukan berarti 100 % terbuat dari aspal. Tetapi, masih ada bahan lain yang digunakan untuk menjadikannya padat dan cocok untuk atap. Diantara bahan pendukungnya adalah serat organik, resin, bubuk kertas dan lain sebagainya.

Paduan bahan ini kemudian dibentuk menjadi sebuah genteng. Genteng yang sudah jadi ini bisa diterapkan pada konstruksi rumah. Penerapannya ini bisa dilihat di bawah.

Genteng ini juga banyak dicari oleh pemilik rumah atau developer. Hal ini disebabkan oleh kelebihan yang dimilikinya.

Kelebihan pertama ada pada kerapatannya sebagai pelindung rumah. Maksudnya, atap seperti ini hampir nol persen mengalami kebocoran. Hasilnya, kebocoran rumah yang selama ini dikeluhkan pemilik rumah bisa teratasi dengan sempurna.

Selain itu, keunggulan yang kedua adalah kuat terhadap tekanan. Normalnya, banyak pemilik rumah yang mungkin akan memperbaiki atapnya. Ketika dinaiki, tekanan dari kaki ini tidak menyebabkan genteng retak lantaran genteng bitumen ini punya sifat yang lentur.

Keunggulan ketiga adalah bobotnya sangat ringan dibandingkan genteng lainnya. Bila dibandingkan dengan genteng tanah liat, perbedaannya cukup mencolok.

Untuk satu meter persegi genteng tanah liat biasanya berbobot sekitar 8 kg. Sementara genteng aspal hanya sekitar 4 kg saja. Ini tentunya bisa menjadi pilihan menarik untuk menekan biaya pembelian konstruksi di bawahnya seperti reng. Makanya, tidak salah bila Anda disarankan untuk menggunakan genteng aspal di Bandung ini.

Keunggulan yang keempat adalah lebih mewah tampilannya. Ini bisa diaplikasikan pada rumah sederhana maupun rumah modern. Dan pilihan warnanya jauh lebih banyak.

Nah, dibalik kelebihannya ini tersimpan kekurangan. Kekurangannya adalah harga genteng aspal Bandung ini masih tergolong mahal. Meskipun begitu, tidak masalah bila dilihat dari keawetan dan kemampuannya dalam memberikan kenyamanan bagi pemiliknya.

Cara Menerapkan Genteng Aspal Sebagai Atap Rumah

Cara menerapkannya hampir seperti genteng pada umumnya. Bedanya hanya sedikit saja. Yaitu membutuhkan pelengkap untuk membuat tampilan atap semakin menawan.

Pertama kalinya adalah memasang reng terlebih dahulu pada rangka atap. Atur jarak reng sesuai ukuran atap. Tujuannya supaya atap bisa menempel dengan tepat.

Kedua kalinya adalah memasang multipleks di atas reng. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan paku ataupun skrup.

Ketiga kalinya adalah memasang pelapis di atas papan multipleks tadi. Keempat kalinya adalah memasang awalan genteng.

Kalau sudah, mulailah memasangnya secara bertahap. Dimulai dari bagian bawah secara horizontal, kemudian dilanjutkan ke atas seperti pemasangan genteng biasanya.

Untuk bubungan atap, silahkan potong genteng menjadi tiga bagian. Batasi dengan nat. Dan setiap daun nat dipotong sudut. Kalau sudah bisa disusun secara bertumpuk agar hasilnya lebih rapi.

Telitilah dalam memasangnya agar tampilannya lebih rapi dan menarik hati. Sebelum memasangnya, silahkan dapatkan genteng aspal Bandung ini.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *