Cara membuat grafik di Word sendiri sebenarnya cukup mudah kok, nah untuk kamu yang penasaran dan ingin bagaimana caranya. Simak di bawah ini ya, caranya.

Menambahkan Grafik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menambahkan grafik ke dalam dokumen word, berikut ini adalah caranya.

  • Pertama, tempatkan kursor teks di sudut dokumen yang ingin kamu munculkan grafik.
  • Lalu arahkan kursos mouse ke tab “Insert”, lalu klik “Chart” pada kelompok “Illustrations”.
  • Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog yang berisikan jenis jenis akan muncul, kamu bisa memilih jenis grafik dari panel kiri kemudian pilih model grafik yang ada di sebelah kanan, kemudian kamu akan menemukan beberapa piluhan grafik yang bisa kamu pilih.
  • Pilih grafik yang kamu inginkan kemudian klik “OK”.
  • Dan munculah sebuah grafik dan jendela spreadsheet Excel.
  • Kolom dan baris yang ada di dalam spreadsheet ini akan menjadi tempat yang anda gunakan untuk mengisi data sumber kamu, dan data sumber ini yang akan digunakan Word untuk membuat grafik.
  • Masukkan data sumber kamu ke spreadsheet dan sesuaikan juga kategori serta seri datanya.
  • Data yang terdapat di kotak biru merupakan data yang akan muncul di grafik, jika dibutuhkan maka klik dan tarik kotak biru ke sudut kanan bawah secara manual untuk menambahkan atau pun mengurangi rentang data.
  • Kemudian setelah proses memasukkan data selesai kemudian klik ikon “Close” untuk menutup jendela spreadsheet.
  • Nah, akhirnya tampilan grafik pun akan muncul di dokumen Word.

Info Tambahan : Apabila kamu ingin mengubah data di grafik kamu, caranya cukup memilih grafik yang ingin kamu ubah lalu klik  “Edit Data” di tab “Design” maka jendela  spreadsheet Excel dari data kamu akan muncul kembali.

Membuat Grafik Dengan Memanfaatkan Data Excel Yang Sudah Tersedia

Jika di atas merupakan cara menambahkan grafik di Word karena kamu sebelumnya tidak memiliki data, maka cara yang dibawah ini adalah cara membuat grafik dengan data Excel yang telah ada.

Artinya kamu sudah memiliki data di dalam file Excel dan kamu ingin menggunakannya juga pada dokumen Word, kamu cukup melakukan copy dan paste data dari file tersebut, sehingga kamu tidak perlu lagi memasukkan data secara manual.

Caranya cukup buka buka spreadsheet di Excel, lalu salin data, dan kemudian paste sebagai sumber data di Word, gampang kan.

Selain berasal dari data yang telah ada, kamu juga bisa menambahkan grafik Excel yang telah ada, ke dalam dokumen Word kamu, apabila kamu memperbarui berkas Excelnya suatu saat maka grafik yang muncul di Word pun akan diperbarui secara otomatis juga untuk menyesuaikan perubahan yang dibuat.

Sehingga kamu tidak perlu lagi kerja dua kali untuk mengubah data di Excel dan Word.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *