Cara Menghilangkan Memar Berdasarkan Anjuran Dokter

jewishgates.org Memar adalah respon normal terhadap suatu cedera misalnya karena benturan pada anggota tubuh. Pembuluh darah kecil di bawah permukaan kulit dapat rusak bahkan walau hanya karena benturan kecil, hal ini mengakibatkan darah yang membeku di bawah kulit.

Darah yang terperangkap ini pada akhirnya diserap kembali oleh tubuh saat luka sembuh. Sementara itu, dapat meninggalkan bekas berupa warna kulit abu-abu, kebiru-biruan, atau ungu yang lembut saat disentuh.

Memar bisa sulit diobati, karena sebagian besar kerusakannya ada di bawah permukaan kulit. Namun, beberapa pengobatan rumahan mungkin dapat mempercepat penyembuhan, meminimalkan rusaknya penampilan dan mencegahnya terjadi sejak awal.

Berikut beberapa obat rumahan yang aman untuk mengobati memar kecil dan dapat membantu menghilangkan bekas memar secara cepat. Obat memar ini juga dianjurkan oleh beberapa dokter karena termasuk bahan alami.

Krim vitamin K

Tubuh membutuhkan vitamin K untuk membantu proses pembekuan darah saat diperlukan. Tetapi jenis vitamin K berbentuk “pil” mungkin bukan solusi terbaik. Vitamin K topikal, dapat bermanfaat sebagai obat untuk memar dan umumnya aman digunakan oleh kebanyakan orang.

Sebuah studi dalam “Journal of Drugs in DermatologyTrusted Source” menemukan bahwa orang yang menggunakan gel vitamin K setelah menjalani prosedur kosmetik memiliki memar yang lebih sedikit dari pada mereka yang menggunakan “plasebo”.

Banyak produk vitamin K tersedia tanpa resep. Seseorang harus mencari daftar vitamin K dengan melihat bahan pembuatannya. Anda dapat memilih produk vitamin K dengan bahan-bahan alami agar lebih aman.

Makan Buah-Buahan

Pola makan seseorang dapat berdampak pada semua bidang kesehatan, termasuk bagaimana luka dan memar dapat disembuhkan. Makanan tertentu dapat memperkuat pembuluh darah tubuh yang dapat meminimalkan memar.

Makanan lain juga dapat membantu menjaga kulit dan jaringan tubuh agar kuat dan lentur. Makan makanan sehat dan seimbang yang mencakup makanan berikut dapat membantu mencegah atau menyembuhkan memar pada tubuh Anda:

Nanas. Makan nanas segar memberi tubuh dosis alami bromelain, yang dapat membantu menyembuhkan memar secara lebih cepat.

Buah-buahan dengan “quercetin” alami. Makanan dengan jumlah quercetin yang tinggi termasuk apel, buah jeruk, bawang merah, beri dan ceri berwarna gelap, dan sayuran hijau.

Makanan dengan kandungan vitamin K. Pola makan yang termasuk vitamin K akan mencegah kekurangan dan dapat membantu mengurangi memar lebih sedikit. Sumber yang baik termasuk kangkung, bayam, brokoli, kubis Brussel, selada, kedelai, stroberi, dan blueberry.

Protein tanpa lemak. Ikan, unggas, tahu, dan daging tanpa lemak menyediakan protein untuk membantu memperkuat kapiler. Hindari sumber protein dengan jumlah lemak jenuh dan kolesterol tinggi, seperti hamburger atau daging goreng.

Makanan kaya seng. Seng membantu tubuh menyembuhkan luka dan jaringan. Sumber seng yang baik termasuk kepiting, lobster, bayam, biji labu, dan kacang-kacangan.

Minyak esensial

Minyak esensial dapat membantu meringankan rasa sakit dan memberikan relaksasi pada tubuh Anda. Ini bekerja dengan baik ketika beberapa tetes ditambahkan ke produk Vitamin K.

Seseorang dapat membuat kompres dingin yang menenangkan untuk luka-luka dengan kain halus yang dingin dan beberapa tetes minyak esensial rosemary dan lavender yang diaplikasikan pada kain.

Penting untuk mencairkan minyak dengan lotion sebelum langsung diletakkan di kulit kecuali diarahkan sebaliknya. Menggunakan minyak esensial tanpa mengencerkannya dapat menyebabkan iritasi kulit.

Minyak atsiri tersedia untuk pembelian online, misalnya saja jenis rosemary dan lavender.

Kapan Harus ke Dokter

Meskipun memar dapat terjadi pada semua orang, beberapa memar mungkin merupakan tanda bahaya bagi masalah medis yang mendasari atau kekurangan gizi. Gejala yang harus ditemui dokter adalah:

  • Memar yang muncul tanpa cedera yang jelas
  • Sering memar
  • Mudah mengalami memar
  • Memar yang tiba-tiba muncul setelah minum obat atau suplemen baru
  • Memar di tempat-tempat aneh, seperti punggung atau perut
  • Wanita cenderung memar lebih banyak daripada pria, dan orang tua lebih banyak memar daripada orang muda.

Antibiotik dan obat asma juga dapat menyebabkan peningkatan memar pada beberapa orang. Namun, seseorang tidak boleh berhenti minum obat terlebih dahulu sebelum berkonsultasi dengan dokter mereka.

Saat mengalami memar berkelanjutan, Anda dapat pergi ke klinik kecantikan yang ada di kota Anda, misalnya saja klinik kecantikan surabaya dan Jakarta. Pada umumnya, klinik kecantikan ditangani oleh dokter spesialist kulit yang juga sangat mengerti jenis, penyebab dan cara menyembuhkannya.

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Cara Menghilangkan Memar Berdasarkan Anjuran Dokter. Semoga dapat menjadi referensi untuk yang mengalami memar pada bagian tubuh Anda.

sumber : alamatjalan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *