Sebelum kita turun untuk melihat perusahaan itu sendiri, Anda harus memahami satu faktor penting yang berkontribusi terhadap kesuksesan Taobao di Cina – pemerintah. Tidak seperti banyak bisnis lain, Taobao membanggakan tidak pernah menerima uang dari pemerintah Cina. “Jika perusahaan Anda membutuhkan uang dari pemerintah, itu adalah sampah,” kata Jack Ma, pendiri grup Alibaba. Namun, pemerintah memang membantunya untuk menciptakan kerajaannya dengan cara yang lebih halus. Mereka memblokir banyak situs web besar agar tidak dapat diakses oleh warga Tiongkok. Karena itu, YouTube, Google, dan Instagram berada di luar jangkauan kebanyakan orang Cina. Ya, sekarang kaum muda mencoba menipu sistem dengan menggunakan proxy, tetapi pada saat Taobao didirikan, opsi seperti itu tidak tersebar luas. Jadi, Jack Ma hanya harus mengalahkan kompetisi lokal.

  1. Manusia di belakang Taobao

Meskipun Jack Ma meninggalkan grup Alibaba pada tahun 2018, pria ini sangat memengaruhi perusahaan. Jika itu bukan untuknya, Taobao tidak akan ada seperti yang kita tahu. Ma Yun tumbuh dalam keluarga yang bahkan tidak dianggap kelas menengah. Dia pertama kali berhubungan dengan orang asing setelah Nixon mengunjungi Cina dan membawa gelombang wisatawan. Dia mendapat julukan Jack saat itu dan mulai belajar bahasa Inggris. Semua orang mengira dia gagal – Jack ditolak bekerja di polisi dan KFC, dan butuh tiga upaya untuk masuk ke universitas. Dia gagal di universitas sehingga dia mungkin harus membeli esai juga. Tapi kemudian, pria ini pergi ke AS dan melihat perspektif internet. Segera setelah itu, dia mulai Alibaba, meyakinkan Yahoo untuk menginvestasikan banyak uang di perusahaan, dan berhasil menjaga pemerintah China keluar dari bisnisnya. Sisanya adalah sejarah. Jack Ma bukan insinyur, sehingga ia dapat melihat produknya sebagai konsumen. Mungkin ini adalah bagian dari kesuksesannya.

  1. Menggeser eBay

eBay tidak diblokir di Cina, jadi Taobao memiliki setidaknya satu pesaing serius dalam masa pertumbuhannya. Sebuah perusahaan muda harus bersaing dengan apa yang saat itu merupakan perusahaan raksasa. Mereka memiliki formula bisnis yang serupa tetapi berbeda. Taobao mampu menjadi lebih murah bagi penjual dan pembeli. Akibatnya, ia mampu mengalahkan saingan Amerika, pangsa pasar Taobao lebih dari tiga kali lipat, dan pangsa eBay anjlok. Pada tahun 2006, eBay tidak dapat bersaing karena aliansi Taobao dengan perusahaan Hong Kong Tom Online, dan keluar dari pasar Cina, membuat keduanya tidak tertandingi.

  1. Masyarakat jual kepada masyarakat

Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap pertumbuhan Taobao adalah model bisnisnya, yang lebih mirip eBay daripada seperti Amazon. Itu adalah pasar, bukan penjual. Jadi ketika memasuki pasar Cina, itu adalah platform pertama dari jenis seperti itu di negara itu. Secara alami, orang-orang mulai datang dalam jumlah besar. Satu-satunya hal yang harus dilakukan Taobao untuk berhasil adalah melawan pesaing utamanya, eBay. Inilah cara perusahaan melakukannya.

  1. Iklan sebagi ganti potongan

eBay menerima komisi dari penjualnya, dan Taobao tidak. Ini saja merupakan kontribusi luar biasa bagi keberhasilannya di Tiongkok. Masalahnya, ada banyak vendor kecil di Cina. Di negara dengan lebih dari satu miliar orang, ini berarti peluang besar bagi pasar online untuk meraihnya. Tetapi begitu mereka mendapatkan akses ke internet, vendor-vendor ini mengambil jalan yang paling tidak resistan. Mereka bergabung dengan Taobao secara massal karena bebas digunakan. Model bisnis Taobao menjual iklan alih-alih mengambil komisi. Ini lebih masuk akal daripada eBay karena akan ada begitu banyak orang di platform yang harus Anda gulir melalui puluhan halaman untuk mencapai akhir. Karena Anda tidak akan menghasilkan banyak uang untuk komisi yang ditempatkan terakhir, Anda dapat uangkan demografis ini dengan menjual tempat pertama dalam daftar.

  1. Usaha promosi besar-besaran

Popularitas tidak datang dengan sendirinya – itu harus diperoleh. Taobao mendapatkan reputasinya dengan bekerja sama dengan media yang tersebar luas di Cina sebelum Internet. Itu bermitra dengan acara TV besar dan bahkan masuk ke film untuk menyebarkan berita. Perusahaan ini juga berkumpul dengan situs web utama di China untuk mempromosikan dirinya. Bahkan bermitra dengan situs web blogging yang menonjol dan memungkinkan penggunanya untuk menggunakan akun mereka untuk berbelanja di Taobao. Jack Ma memastikan bahwa semua orang Cina memiliki akses mudah ke platform, dan semua orang membicarakannya. Hanya ada satu langkah kecil dari membahas perusahaan hingga menjadi pembeli.

Untuk informasi terkait lainnya, silahkan kunjungi jasa order Taobao

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *