fungsi batang pada tumbuhan

Fungsi batang pada tumbuhan – Secara umum, untuk setiap jenis tumbuhan atau tanaman, ada struktur organ tubuh yang memiliki fungsi berbeda, yaitu daun, bunga, batang dan akar, untuk menopang pertumbuhan atau perkembangan kehidupan mereka. Namun penjelasan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi daun pada tumbuhan secara lengkap.

fungsi batang pada tumbuhan

Pengertian Batang

Batang adalah bagian dari organ yang berfungsi sebagai dasar untuk pembentukan segala jenis tumbuhan atau tanaman untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa batang pada tumbuhan atau tanaman itu akan mati atau membusuk.

Oleh karena itu, penebangan liar yang merajalela sedang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atasnya, sehingga hutan yang menjadi tempat terbesar untuk pengembangan berbagai spesies tumbuhan atau tanaman terancam punah.

Akibatnya, seluruh negara akan terkena pemanasan global yang sangat mengerikan yang merupakan ancaman besar bagi kelangsungan hidup semua manusia dan hewan.

Baca Juga : sel tumbuhan

Fungsi batang pada tanaman

1. Sebagai Sarana Pengangkutan

Fungsi penting batang adalah pengangkutan air dan mineral penting (nutrisi), yang diperoleh dengan penyerapan akar ke daun, serta pengangkutan fotosintesis (fotosintesis) dari daun ke semua bagian tumbuhan. Fungsi batang sangat didukung oleh jaringan xilem dan floem.

2. Membantu Efisiensi Cahaya Sinar Matahari

Dalam fotosintesis, tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk mengolah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat. Jumlah sinar matahari tergantung pada seberapa tinggi tumbuhan itu. Karena itu, untuk tanaman besar, kebutuhan sinar matahari untuk fotosintesis tentu akan lebih besar. Dalam hal ini, batang berfungsi untuk memperluas kanopi tumbuhan sehingga deteksi sinar matahari lebih efisien dan kebutuhan tumbuhan akan sinar matahari untuk fotosintesis dapat terpenuhi.

3. Tempat Pertumbuhan Organ Generatif

Batang juga bertindak sebagai tempat di mana organ generatif tumbuhan tumbuh. Terutama didalam tumbuhan yang bersifat kauliflori, contohnya yakni belimbing, kakao atau nangka. tumbuhan Cauliflori merupakan suatu tanaman yang bunganya dapat tumbuh di batang utama tanpa bantuan strain induk (pedunculus) atau peduncle (pedicellus).

4. Membantu efisiensi penyerbukan

Fungsi batang untuk tumbuhan juga terkait dengan proses pemuliaan tumbuhan. Batang mendukung efisiensi proses penyerbukan, yang dibantu oleh angin (anemogami). Semakin tinggi batang tumbuhan, semakin besar kemungkinannya penyerbukan. Ini terjadi karena kecepatan angin yang cepat di daerah yang lebih tinggi lebih mudah untuk mengupas benang sari dan masuk ke dalam kepala putik.

Demikian pembahasan mengenai fungsi batang pada tumbuhan, semoga materi singkat diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Sumber Terkait : rumus.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *