manfaat buah bit

Manfaat Buah Bit – Buah bit pertama kali dikonsumsi oleh orang-orang di Afrika ribuan tahun yang lalu. Akar buahnya sangat populer, sehingga cepat menyebar ke Asia dan Eropa. Kemudian, orang-orang ini mengolahnya dan mengkonsumsinya di daerah masing-masing.

Bit digunakan untuk mendapatkan berbagai manfaat. Misalnya, jus buah digunakan sebagai pewarna makanan. Sedangkan kandungan gula dalam buah digunakan sebagai campuran pemanis dalam makanan dan minuman. Selain itu, sekitar abad ke-19, buah ini mulai digunakan sebagai campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula dari tebu.

Bukan itu saja, berikut beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh:

1. Tingkatkan Stamina, Makanan Ideal untuk Atlet

Sebuah studi oleh Exter University di Inggris menunjukkan bahwa konsumsi jus buah bit dapat membantu orang yang berolahraga (atlet) menjadi 16% lebih kuat dan lebih tahan lama, karena mengandungan nitrat yang dapat mengurangi pembakaran oksigen dalam berolahraga. Efeknya mampu mengurangi kelelahan.

Bit telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada program diet untuk atlet. Memang, telah terbukti bahwa kandungan nitrat memungkinkan sel untuk menghasilkan energi yang lebih baik dalam tubuh, yang juga mampu meningkatkan kinerja.

2. Manfaat Buah Bit – Cegah Anemia

Buah dengan warna kemerahan ini sering dikaitkan dengan warna darah, sehingga digunakan untuk mengatasi masalah anemia. Pada kenyataannya, pengobatan anemia sendiri karena kandungan besi yang tinggi yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah dan menyediakan oksigen untuk kesehatan sel darah merah.

3. Manfaat Buah Bit – Mengobati Masalah Pencernaan

Bit adalah buah kaya serat yang menyediakan 3,8 gram porsi cangkir bit. Kandungan serat membantu makanan untuk bergerak di saluran usus. Serat juga dapat membantu melunakkan feses, memungkinkan Anda nyaman saat BAB, sehat dan teratur.

4. Manfaat Buah Bit – Untuk Diet

Selain mengandung banyak nutrisi, bit mengandung banyak serat tetapi rendah kalori. Ini adalah sumber makanan yang baik jika Anda sedang diet atau ingin menurunkan berat badan. Faktanya, setiap cangkir bit mengandung hingga 59 kalori dan 3,8 gram serat, yang merupakan 15% dari jumlah serat yang Anda butuhkan setiap hari.

Selain untuk kesehatan, buah bit juga bermanfaat untuk kecantikan, seperti mampu menghilangkan ketombe dan memerahkan bibir secara alami. Anda bisa mencobanya dirumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *