Perlengkapan bayi yang akan digunakan sesuai dengan usianya. Setelah bayi berusia lebih dari enam bulan, Anda perlu menyediakan botol susu dan juga perlengkapan makan. Botol susu ada banyak jenis bahannya dengan kualitas yang berbeda-beda. Anda mau botol bisa tahan lama, ini cara perawatan yang bisa diterapkan setelah melakukan pembelian di toko perlengkapan bayi.

Perawatan dengan Cara Manual

Buat Anda yang melakukan perawatan botol susu bayi dengan manual penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu ambil sabun dan bersihkan ke bagian sela-sela jari sampai dirasa bersih. Bilas tangan dengan air mengalir. Tangan yang bersih tentunya sudah bebas dari kuman dan bakteri.

Begitu selesai barulah Anda membuka botol susu bayi dan pisahkan setiap bagiannya. Letakkan semua bagian botol susu ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air panas. Wadah yang digunakan tentu saja bebas dari kandungan BPA.

Di dalam wadah tersebut, sikat semua bagian botol sabun menggunakan sikat yang lembut agar tidak membuat botol menjadi tergores atau pun rusak. Pada bagian dot tekan-tekan menggunakan jari di bawah air yang mengalir agar kotoran di dalam dot bisa dibersihkan tanpa sisa. Sikat yang lembut tersedia di toko perlengkapan bayi.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Bilas semua bagian botol sampai bersih menggunakan air mengalir. Keringkan dengan menggunakan handuk atau kain lap yang bersih. setelah itu simpan semua bagian botol di dalam lemari agar tidak terkena debu.

Perawatan dengan Mesin Khusus

Buat Anda yang memiliki bayak budged lebih mudah untuk membersihkan botol susu bayi menggunakan mesin. Caranya dimulai dengan memisahkan semua bagian botol, termasuk tutup dan dotnya. Setelah itu bilas terlebih dahulu semua bagian botol menggunakan air bersih yang mengalir.

Jika sudah yakin bersih semua, masukkan ke dalam mesin pencuci botol yang dimiliki. Isi mesin dengan menggunakan air panas dan menyalakan mode pembersihan sesuai dengan jenis mesinnya. Aturlah pembersihan yang Anda inginkan secara sempurna yaitu pemanasan dan pengeringan yang tujuan untuk membunuh kuman secara efektif.

Setelah prosesnya selesai, angkatlah semua bagian botol dari dalam mesin tersebut. Letakkan di atas handuk atau lap kecil sebelum Anda menyimpannya ke dalam lemari penyimpanan. Susunlh dengan rapi agar lebih mudah ditemukan saat ingin digunakan.

Bersihkan dengan Air Panas

Anda juga dapat melakukan perawatan botol susu dengan membersihkannya menggunakan air panas. Tinggal menyediakan baskom khusus yang berisi air mendidik. Pastikan air yang digunakan cukup untuk merendam semua bagian botol yang sudah dilepas-lepaskan.

Diamkan selama lebih kurang 10 menit dan setelah itu angkatlah botol tersebut dengan menggunakan penjepit karena masih panas. Letakkan di atas handuk yang kering juga sampai menunggu botol menjadi kering. Setelah itu lap semua bagiannya baru disimpan ke dalam lemari.

Anda bisa melakukan pembelian mesin pencuci botol susu di toko perlengkapan bayi orami.co.id. Toko online terpercaya yang bisa Anda kunjungi dengan produk-produk berkualitas. Ada banyak pilihan yang bisa dibeli kapan pun dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *