Gaya Interior Rumah Dengan Dinding Kayu

Kayu, yang mengandung banyak spesies, dapat memberikan penampilan yang sangat kaya dan beragam. Setiap jenis kayu dari jenis pohon yang berbeda memiliki karakter, urat dan warna yang berbeda dan spesifik.

Dengan begitu banyak pilihan, kreativitas Anda dalam memilih dan menentukan gaya dan suasana yang ingin Anda tampilkan di rumah tidak terbatas.

Sketsa rumah minimalis dijabodetabek.id – Sebelum memilih jenis kayu, Anda harus terlebih dahulu memilih bentuk kayu yang ingin Anda pasang. Apakah potongan-potongan kayu solid (papan kayu) disusun atau diberi nama kayu panel atau menggunakan panel kayu (kayu lapis mewah). Selain tampilannya yang berbeda, pilihan ini juga memiliki pengaruh dalam hal harga. Kayu solid secara signifikan lebih mahal daripada panel kayu.

Material alas kayu solid umumnya bersumber dari spesies kayu lokal (hutan tropis Indonesia), seperti jati, kapur barus, nyatoh, meranti, mahoni, kempa (dengan nuansa “. gelap “) dan ramin, sungkai, agathis, jati belanda, pinus (yang memiliki warna” cemerlang “). Jika Anda memesan panel kayu solid dari beberapa pedagang besar, potongan kayu yang digunakan untuk panel akan membentuk profil koneksi dengan ukuran tertentu. Tujuan dari profil sambungan adalah untuk mengikat setiap potongan kayu sehingga tidak luput nantinya karena pemindahan kayu karena perubahan suhu udara dan kondisi cuaca.

Sementara itu, penutup dinding terbuat dari panel kayu atau veneer kayu lapis mewah, jenisnya bisa lebih banyak dan beragam. Spesies kayu lokal ada di pasaran dengan veneer kayu impor. Jenis-jenis lokal yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran adalah kayu jati, sungkai, mahoni, dan bahkan. Sedangkan untuk impor, ada banyak pilihan seperti beech, maple, oak, birch, ash, anigree, kayu harimau, kenari, dll.

Untuk veneer kayu lokal, selain yang disebutkan di atas, masih ada spesies kayu indah lainnya seperti cempaka, bacang, mindi, sonokeling, dll. Tetapi jenis kayu ini cukup sulit diperoleh karena jumlahnya terbatas.

Untuk jenis panel kayu, selain yang terbuat dari veneer kayu alami, ada juga panel yang berasal dari veneer buatan. Jenis panel ini tersedia dalam bentuk lembaran HPL (laminasi bertekanan tinggi). Dengan menggunakan bahan ini, Anda tidak perlu menyediakan pelapis atau pelapis untuk permukaan “kayu”. Tetapi jika Anda menyukai sifat serat kayu yang bervariasi, pilihan unik ini akan memberikan pola yang seragam dan membosankan.

Mengingat pilihan bahan kayu, pastikan kayu yang Anda beli sudah memenuhi standar maksimum “kayu kering”. Biasanya, penjual kayu yang baik menjamin bahwa produk yang mereka jual telah dikeringkan dengan oven (dikeringkan dengan oven) atau alami dengan pengeringan di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, atau bahwa mereka telah menerima bahan kimia sebagai pengawet. Berkenaan dengan bahan kayu lapis, karena mereka dihasilkan dari perawatan massal tanaman, bahan pengawet umumnya digunakan dalam proses pembuatan. Anda juga dapat membaca artikel tentang rumah lain yang telah saya tulisĀ dijabodetabek.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *