Jaman dahulu apabila seeorang membutuhkan suatu barang begitupula orang lain juga membutuhkan suatu barang maka mereka akan melakukan pertukaran barang atau biasa dikenal dengan nama barter.Namun,di era ini kebanyakan masyarakat sudah jarang melakukan barter,saat ini orang lebih membutuhkan uang untuk membeli barang yang mereka butuhkan daripada harus bertukar barang.Seiring dengan perkembangan zaman,manusia mulai memikirkan bagaimana caranya untuk mengatasi masalah kekurangan tersebut dan muncullah ide pegadaian untuk memecahkan masalah mengenai kebutuhan uang tersebut.Sebenarnya ide pegadian ini sudah ada sejak zaman dahulu.Ide mengenai pegadaian ini banyak diminati oleh masyarakat,jadi sudah tidak jarang lagi bayak perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang pegadaian.

Memperluas Pemahaman Mengenai Pengertian,Fungsi,Peran,Manfaat,dan Jenis Pegadaian

Pengertian

Lembaga keuangan bukan bank yang meberikan kredit kepada masyarakat melalui hukum gadai disebut dengan pegadaian.Di hukum gadai ada ketentuan umum yang berlaku yaitu sebagai jaminan calon peminjam wajib untuk menyerahkan hartanya yang diberikan kepada lembaga gadai.

Sebenarnya masih ada banyak lagi undang-umdang atau peraturan pemerintah yang membahsa mengani pegadaian salah satunya yaitu Undang-Undang hukum Perdata (KUHP) Pasal 1150 ada juga Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 10 Tahun 1990 yang membahas mengenai perusahaan umum pada pegadaian.

Fungsi

Ada banyak fungsi pegadaian,antara lain

  1. Mengembangkan dan menciptakan usaha lain yang menguntungkan
  2. Atas dasar hukum gadai pihak pegadaian dapat mengelola penyaluran uang pinjaman dengan  cepat,mudah,aman,dan mudah.
  3. Melakukan pengelolaan terhadap keuangan,kepegawainan,perlengkapan,pelatihan,dan pendidikan.
  4. Selain melakukan penelitian dan pengembangan,pihak pegadaian juga berfungs untuki mengawasi pengelolaan pegawai
  5. Melakukan pengelolaan tata kerja,tata laksana pegadaian,dan organisasi.
  6. Melaksanakan pembinaan pola perkreditan agar dapat terarah dan bermanfaat,serta melakukan perluasan terhadap daerah operasinya.
  7. Mencegah terjadinya pegadaian gelap,pemberian tidak wajar,dan praktek riba.

Peran

Pegadaian memiliki beberapa peran yaitu

  1. Hampir sama dengan fungsi pegadaian,peran pegadain juga mencegah adanya pegadaian gelap,praktek ijon,maupu pinjaman tidak wajar yang merugikan.
  2. Pegadaian juga ikut dalam melaksanalkan dan menunjang agar terlaksananya rogram pembangunan nasional biasanya penyaluran atau pinjaman atas dasar hukum gadai.
  3. Memanfaatkan adanya gadai bebas bunga pada gadai syari’ah hal ini memilki efek pengaman social karena bagi masyarakat yang butuh dana mendesak dapat bebas dari jeratan pinjaman disebabkan oleh dengan adanya pegadaian bebas bunga ini.

Manfaat

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya system pegadaian ini,baik bagi lembaga pegadaian maupun bagi nasabah,diantaranya adalah

Bagi Lembaga Pengadilan

  1. Penghasilan pegadaian tersebut bersumber dari sewa modal yang telah dibayarkan peminjam dana
  2. Perolehan pegadaian tersebut juga bersumber dari ongkos yang dibayarkan oleh nasabah

Bagi Nasabah

  1. Nasabah menerima dana pinjaman secara cepat sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan dari lembaga pegadaian
  2. Nasabah mendapat penaksiran secara profersional terhadap nilai barang bergerak.
  3. Nasabah mendapatkan jaminan penitipan fasilitas barang secara aman dan dapat dipercaya
  4. Mendapatkan keringanan dalam mengembalikan pinjaman,angsuran ataupun cicilan yang diberikan sesuai dengan kemampuan dari penggadai,sehingga tidak memberatkan.

Jenis

Terdapat dua jenis pegadaian yaitu

  1. Pegadaian syari’ah adalah lembaga pegadaian yang memberi pinjaman dengan memegang prinsip-prinsip dalam islam.

Prinsip-prinsip pegadaian syariah antara lain

  1. Mudharabah yaitu pembiyaan yang sesuai degan prinsip penyertaan modal
  2. Musharakah yaitu jual beli barang dengan prinsip mendapatkan keuntungan
  3. Ijarah merupakan pembiayaan barang modal yang sesuai denga prinsip sewa murni tanpa adanya pilihan.
  4. Ijarah Waiqtinu diartikan sebagai suatu pilihan pemindahan kepemilikan terhadap barang yang disewa oleh pihak dari bank dari pihak lain

Pegadaian Konvensional

Pegadaian bahwa lembaga pemerintah sebagai pemberi pinjaman kepada nasabahnya dan menerapkan dasar hukum gadai.

Pegadaian merupakan jalan keluar alternative untuk memecahkan masalah tanpa masalah.Tentunya masayarakat sangat terbantu dengan adanya pegadaian ini,mereka dapat mendapatkan pinjaman uang tanpa harus menjual barag yang mereka miliki,selain itu mereka dapat mendapatkan pinjaman tersebut tanpa harus menunggu lama.Sesuatu yang menguntungkan bagi kedua belah pihak ini.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pegadaian tidak harus menjual barang yang mereka miliki dan dapat mendapatkan pinjaman dengan cepat.Bagi kalian yang sedang dalam keadaan membutuhkan pinjaman dan ingin melakukan pegadaian dengan cepat dengan hanya bermodal BPKB,kami punya alternative terbaik bagi kalian.Kalian bisa mngunjungi website https://gadaibpkbmudah.com/ ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pegadaian dengan system BPKB tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *