Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Memasuki Perkuliahan Jenjang S2

Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Memasuki Perkuliahan Jenjang S2

Ada banyak tujuan yang dimiliki oleh setiap orang ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Ada yang memiliki tujuan untuk menambah gelar, ingin mendapatkan gaji yang lebih besar, untuk mencapai cita-cita, ingin memperluas ilmu pengetahuan, menuruti keinginan orang tua, dan berbagai alasan unik lainnya yang mungkin tidak bisa dipikirkan oleh perseorangan.

Saat ini bukanlah hal yang sulit jika ingin melanjutkan kuliah S2, bagi yang tidak bisa melakukan pendidikan inj secara konvensional terutama bagi karyawan yang terlalu sibuk bekerja juga bisa mengandalkan sistem kuliah online untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang satu ini.

Jangan terlalu terburu-buru melanjutkan pendidikan S2 ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar kegiatan pendidikan berjalan dengan lebih mantap:

Sumber dana

Sebelum memulai pendidikan S2, sebaiknya perkirakan dahulu sumber dana yang akan digunakan untuk membiayai perkuliahan lanjutan yang satu ini. Pasalnya untuk kuliah S2 dana yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan dengan dana S1, meski jangka waktu perkuliahan terbilang lebih singkat namun jika tidak selesai tepat waktu tetap saja akan menghabiskan biaya yang cukup banyak.

Karenanya sebelum memulai kuliah, sebaiknya persiapkan dengan matang rincian biaya yang harus dikeluarkan bisa dengan membuat daftar pembiayaan mulai dari biaya SPP hingga biaya untuk kebutuhan dadakan selama kuliah (membuat makalah, membeli buku, ujian praktek, study tour, atau lainnya).

Jika menggunakan biaya sendiri, tentunya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan uang yang dimiliki. Namun jika kendala perkuliahan yang dialami bukan dalam bentuk biaya misalkan, namun dalam bentuk waktu karena sudah sibuk bekerja bisa mengandalkan kuliah S2 online yang kini banyak tersedia di berbagai universitas (bahkan banyak universitas ternama di Indonesia yang menawarkan sistem kuliah ini).

Untuk meringankan biaya bisa juga dengan menggunakan beasiswa yang tersedia di berbagai Universitas tersebut, bahkan beberapa beasiswa pemerintah maupun swasta menyediakan pembiayaan penuh (termasuk untuk biaya hidup) untuk mahasiswa S2 ini.

Niat yang kuat

Niat merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang ketika akan melakukan sesuatu, termasuk saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jangan meremehkan masalahnya niat ini, karena tidak sedikit orang yang memulai pendidikan namun berhenti di tengah jalan karena niat tidak terlalu kuat.

Pikirkan tujuan awal Anda melanjutkan pendidikan, hal tersebut bisa menjadi motivasi kuat untuk terus berusaha meski dalam perjalanan menemukan kesulitan yang begitu berat. Niat menjadi kunci utama ketika seseorang akan akan melakukan sesuatu, baik itu merupakan sesuatu yang besar ataupun kecil sekalipun.

Tujuan jangka panjang

Ada banyak orang yang melanjutkan pendidikan dengan mengambil sistem kuliah online karena sudah terlalu sibuk bekerja, ada banyak alasan yang membuat mereka rela melakukan hal ini demi tujuan yang ingin dicapainya. Memiliki tujuan ketika akan melanjutkan S2 sangatlah penting, sebab dengan adanya tujuan jangka panjang yang dimiliki oleh seseorang akan membuat ia semakin bersemangat dan konsisten dalam menjalankan pendidikan disebut. Ia tidak akan menemukan alasan untuk bermalas-malasan ataupun memperlambat kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikannya, karena ia telah memiliki tujuan yang pasti.

Karenanya sangat penting untuk Anda yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 untuk memiliki tujuan pasti mengapa mengambil jenjang pendidikan ini, bisa karena sebuah cita-cita, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mendapatkan pekerjaan yang layak, atau hal lainnya.

Pertimbangan bidang studi

Banyak orang yang melanjutkan kuliah S2 online ataupun secara konvensional dengan tujuan hanya untuk menambah gelar saja, sehingga banyak diantara mereka yang memilih bidang studi berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Hal ini tidaklah salah, namun sebaiknya niatan tersebut juga ditambah dengan niatan untuk menambah kualitas kemampuan sehingga meningkatkan kualitas kerja di perusahaan yang ditempatinya.

Memiliki gelar yang tinggi memang menjadi kebutuhan untuk meningkatkan pendapatan saat mulai bekerja nanti, namun aneh rasanya jika gelar yang tinggi tersebut tidak sinkron dengan kualitas kemampuan yang dimiliki. Jika pun ingin memilih bidang studi yang berbeda, ada baiknya bidang studi yang dipilih masih ada kaitannya dengan bidang ilmu yang telah dipelajari lima tahun sebelumnya (program strata 1).

Memilih bidang ilmu yang berbeda antara program S1 dan S2 akan menimbulkan kesulitan dalam adaptasi materi yang dipelajari nantinya, menyesuaikan dengan bidang ilmu baru bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan (seperti kembali ke titik nol).

Itulah 3 hal paling dasar yang harus dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memulai kuliah di jenjang S2, baik itu menggunakan sistem kuliah online maupun sistem kuliah konvensional. melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah suatu hal yang sangat baik, selain dapat memperluas pengetahuan namun juga bisa memperluas pengalaman karena akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki pemikiran yang lebih tinggi dengan pengalaman lain yang juga menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *