Rumus bangun datar matematika – Definisi konstruksi datar dalam matematika Mata pelajaran menurut Imam Roji adalah bagian dari bidang datar yang telah dibatasi oleh garis lurus atau lengkung sehingga dapat disimpulkan bahwa gambar datar ini adalah bentuk 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar dan dibatasi oleh garis melengkung dan lurus.

Secara umum, struktur bidang dua dimensi matematika dibagi menjadi delapan bentuk dua dimensi, termasuk struktur bidang persegi panjang, struktur bidang persegi panjang, struktur trapesium datar, struktur mengambang datar, struktur lingkaran datar, konstruksi lingkaran datar, konstruksi lingkaran datar, dan konstruksi jajar genjang Jam alarm segitiga datar. Masing-masing jenis matematika memiliki sifat dan formula yang berbeda satu sama lain dan matematika matematika ini telah dijelaskan sebelumnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan dan saya akan memberikan kepada Anda semua pembaca di halaman rumus rumus matematika konstruksi datar karena tidak dapat dipungkiri bahwa topik matematika pada konstruksi datar cukup penting dan sering juga diterbitkan dalam Pertanyaan tentang ujian matematika sebagai pertanyaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) baik di tingkat 6 tingkat dasar (SD) dan tingkat sekolah menengah (SMP).

Rumus Bangun Datar Matematika Lengkap

Rumus bangun datar menghitung luas dan kelilingnya

Segera di bawah ini saya menulis satu set lengkap rumus dua dimensi datar, baik rumus lebar dan melingkar, bangunan persegi panjang datar, struktur bidang persegi panjang, struktur trapesium datar, struktur mengambang datar, konstruksi belah ketupat datar, konstruksi rhombus datar, konstruksi lingkaran datar, konstruksi datar segitiga datar.

1. Rumus Persegi

Bangun piring Persegi panjang adalah persegi panjang yang memiliki semua sisi dengan panjang yang sama dan untuk rumus untuk keliling dan bujur sangkar Anda dapat melihat di bawah:

Rumus luas kotak = s x s (s²)

Rumus keliling kuadrat = 4 x s (s adalah lateral)

2. rumus persegi panjang

Persegi panjang datar adalah bentuk datar yang memiliki panjang yang sama di depan dan memiliki 4 sudut siku-siku. Untuk rumus datar untuk konstruksi persegi panjang datar dan rumus bulat untuk konstruksi persegi panjang datar Anda dapat melihat di bawah:

Rumus untuk luas persegi = p x l

Lingkar rumus persegi panjang = 2 x (p + l) || p: panjang el: lebar

3. Rumus jajargenjang

Paralelogram Bajarogram adalah bangunan persegi panjang yang memiliki sisi-sisi sepasang berpasangan dengan panjang dan paralel yang sama. Untuk rumus untuk area dan jajaran genjang Anda dapat melihat di bawah:

Parallelogram Formula Paralel = a x t || A: alas et: tinggi

Paket paralel rumus = AB + BC + CD + AD

4. Rumus trapesium

Konstruksi trapesium datar adalah segi empat yang memiliki sepasang sisi paralel. Untuk rumus Area dan lingkar Anda dapat melihat di bawah:

Rumus untuk area trapesium = ½ x jumlah sisi sejajar dengan tinggi x

Rumus untuk keliling trapesium = AB + BC + CD + DA

5. Rumus Layang layang

Build Flat Layang – Layang adalah bangunan persegi panjang, yang salah satu diagonalnya dapat memotong tegak lurus ke sumbu diagonal lainnya. Dan untuk rumus untuk area dan keliling, Anda dapat melihat di bawah:

Formula terbang – Flyover = ½ x d1 x d2 || d: diagonal

Formula lingkar terbang – Terbang = 2 x (AB + BC)

6. Rumus segitiga

Konstruksi segitiga datar adalah bentuk datar yang dibentuk oleh 3 titik yang tidak selaras. Sedangkan untuk rumus luas dan segitiga, Anda dapat melihat di bawah:

Rumus untuk luas segitiga = ½ x a x t || A: alas et: tinggi

Rumus keliling segitiga = AB + BC + AC

7. Rumus Belah ketupat

Belah ketupat  adalah bangun datar segi empat yang memiliki semua sisi dengan panjang yang sama dan dua berlian diagonal berpotongan tegak lurus. Untuk rumus untuk Area dan keliling belah ketupat Anda dapat melihat di bawah:

Rumus luas belah ketupat = ½ x a x d2 || d: diagonal

Rumus keliling Belah Ketupat = 4 x s || s: samping

8. Rumus lingkaran

Lingkaran konstruksi datar adalah bentuk datar yang dibentuk oleh set – semua titik yang mengelilingi titik asal pada jarak yang sama. Jarak ini umumnya ditunjukkan oleh r (jari-jari) atau sering juga disebut jari-jari. Untuk rumus untuk area dan keliling lingkaran Anda dapat melihat di bawah:

Lingkaran area rumus = π x r² (π: 22/7 atau 3.14 dan r: radius)

Rumus keliling lingkaran = π x d (π: 22/7 atau 3.14 dan d: diameter)

Sumber : rumusbilangan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *