Mengenakan pakaian yang rapih sangat penting, apalagi mengenai wawancara kerja. Selain pakaian yang rapih, mengenakan aksesoris yang cocok juga sangat penting untuk acara wawancara kerja. Beberapa aksesoris, seperti sepatu, tas, perhiasan, dll  dapat membuat tampilan Anda lebih menarik dan menambah kesan yang Anda buat pada pewawancara Anda.

Cara memilih aksesoris yang tepat untuk wawancara kerja

Ketika Anda memakai aksesoris, jangan lupa untuk menghindari menggunakan jumlah item secara berlebihan, seperti  contohnya Anda tidak perlu mengenakan kalung dengan ukuran yang besar, tebal sambal mengenakan syal. Penting juga untuk memilih aksesori yang akan meningkatkan tampilan Anda ketika wawancara, tanpa membuatnya terlihat berlebihan.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan parfum seminimal mungkin, pertahankan gaya rambut agar tetap terlihat profesional dan, tidak menggunakan make up secara berlebihan pula.

Asesoris yang dipilih dengan cermat akan membantu Anda terlihat percaya diri dan profesional, jadi luangkan waktu untuk mempertimbangkan aksesoris seperti apa yang cocok dengan pakaian wawancara pilihan Anda.

Berikut adalah tips untuk menentukan aksesoris yang cocok untuk dipakai ketika Anda melakukan wawancara kerja.

1. Perhiasan

Pada umunya, bagai para wanita harus menghindari memakai perhiasan secara berlebihan. Kaum hawa harus menghindari anting menjuntai dan gelang yang terlalu “ramai”, dan untuk pria, mereka harus memakai sedikit atau tidak ada perhiasan selain jam tangan dan / atau cincin kawin. Untuk jam tangan, pakailah jam tangan analog agar terlihat lebih professional. Terdapat beberapa brand memiliki jenis tersebut, seperti jam tangan Casio, Rolex, Seiko, dan lain sebagainya.

Untuk masalah tindikan dan tato, hal ini tergantung di mana Anda akan melakukan wawancara, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menutupi tato dan melepaskan cincin Anda.

2. Topi

Jangan mengenakan topi untuk wawancara kerja terlepas dari jenis pekerjaan yang Anda lamar. Baik itu topi bisbol, dan bahkan topi mode hindarilah untuk memakainya. Akan tetapi, penutup kepala seperti jilbab, atau penutup kepala lainnya yang biasanya Anda kenakan, merupakan pengecualian dan dapat dikenakan untuk wawancara. Selain itu, jangan mengenakan hoodies danu kaos atau celana jeans. Waspadai beberapa hal lain yang sebaiknya tidak Anda pakai saat wawancara kerja.

3. Sepatu

Jangan pernah menggunakan alas kaki yang terlalu kasual, seperti sandal jepit atau sepatu kets. Hal ini akan membuat Anda memberikan kesan yang tidak baik. Hindari juga sepatu hak tinggi dan sepatu platform. Sepatu tertutup dengan warna netral adalah yang terbaik untuk wanita, dan untuk pria, sepatu slip-on atau lace-up adalah pilihan terbaik.

4. Sabuk

Jika celana Anda memiliki tali untuk sabuk, kenakan sabuk untuk mengikat pakaian Anda agar tidak kedodoran.  Sabuk Anda juga harus cocok dengan pakaian dan / atau sepatu dan tas yang Anda gunakan.

5. Rambut dan make up

Jangan pernah menggunakan make up secara berlebihan agar Anda terlihat profesional. Selain itu, jaga agar gaya rambut Anda tetap sederhana, juga, tanpa ikat rambut atau jepit rambut dengan ukuran yang besar. Hal yang sama berlaku untuk cat kuku. Kuku Anda tidak boleh terlalu panjang dan cat kuku Anda seharusnya tidak terlalu cerah; Anda tidak ingin pewawancara memperhatikan warna kuku Anda.

6. Parfum

Hindari menggunakan parfum terlalu banyak. Ini karena, beberapa orang lebih sensitif terhadap bau daripada yang lain. Faktanya, aroma adalah salah satu indera terkuat; parfum favorit Anda mungkin memiliki aroma yang sama dengan yang dipakai mantan pacar atau mantan suami pewawancara.

Jangan biarkan hal ini merusak peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Gunakan secukupnya (atau pertimbangkan untuk tidak menggunakannya sama sekali).

7. Tas

Anda dapat menggunakan tas untuk menyimpan salinan tambahan dari resume Anda dan daftar referensi Anda. Atau, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tas kerja berukuran kecil yang dapat menampung semua barang Anda, ditambah apa yang Anda butuhkan untuk wawancara. Pilih warna netral agar pewawancara tidak berfokus pada tas Anda.

Itulah beberapa tips memilih aksesoris yang cocok untuk wawancara kerja. Diharapkan beberapa tips tersebut dapat bermanfaat bagi Anda sebelum melakukan wawancara kerja. Selain penampilan, Anda juga harus mempelajari tentang background perusahaan yang akan Anda lamar tersebut agar proses wawancara dapat berjalan dengan lancer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *